Membahas akuntansi dan peraturan perpajakan di Indonesia

Tips Belajar Akuntansi Biaya


Tujuan belajar akuntansi biaya adalah mampu memanfaatkan informasi biaya untuk perencanaan dan pengendalian alokasi sumber ekonomi perusahaan dan mampu merekayasa informasi biaya guna memenuhi kebutuhan manajemen dalam perencanaan dan pengendalian kegiatan perusahaan.

Kendala utama dalam belajar akuntansi biaya adalah subjek belum menguasai akuntasi keuangan dan prisip akuntansi. Maka tentunya akan sulit memahami jurnal - jurnal yang di hasilkan oleh proses alokasi biaya dan proses produksi itu sendiri.

Dalam belajar akuntansi biaya, ada tiga hal penting yang perlu di perhatikan:
  1. Konsep biaya
  2. Manfaat biaya
  3. Informasi biaya
Jika ketiga konsep ini di perhatikan dan di pelajari dengan baik, maka saya rasa akan mudah bagi siapa pun untuk belajar akuntansi biaya. Siapa pun yang belajar akan mampu membedakan konsep biaya yang satu dengan yang lainnya dan mampu menerapkan konsep biaya yang satu dengan konsep biaya yang lainnya dan mampu menerapkan konsep biaya untuk tujuan yang tepat.

Saya pribadi pun mengalami masalah untuk memahami flow dan konsep dari akuntansi sendiri. Mungkin karena saya kurang menguasai Akuntansi Dasar dan Prinsip akuntansi nya sendiri. 
1 Komentar untuk "Tips Belajar Akuntansi Biaya"
This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top