Membahas akuntansi dan peraturan perpajakan di Indonesia

Berbagai Profesi Dalam Bidang Akuntansi


Profesi akuntansi. Atau yang dalam istilah akuntansi lebih dikenal sebagai orang yang menguasai bidang akuntansi namun berprofesi di bidang tertentu, antara lain :

Akuntan Keuangan / Financial Accountant

Pada bidang ini biasanya seseorang bertanggung jawab untuk menyajikan laporan keuangan atau informasi akuntansi lainnya dalam suatu perusahaan. Biasanya tugas utamanya melakukan pembukuan semua transaksi dan memberikan laporan secara periodik.

Akuntan Manajemen / Management Accountant

Pada bidang ini biasanya seseorang bertanggung jawab untuk mengolah informasi keangan yang dihasilkan Financial Accountant menjadi analisis yang digunakan untuk keperluan internal perusahaan.

Cost Accountant

Pada bidang ini biasanya seseorang bertanggung jawab untuk mengolah informasi keuangan seperti biasa produksi. Sehingga biaya produksi yang terjadi di dalam suatu perusahaan bisa di monitor dengan baik dan disajikan untuk keperluan internal perusahaan.

Akuntan Pajak / Tax Accountant

Untuk mengerjakan pekerjaan pajak bulanan, dibutuhkan seseorang yang cakap dan mengerti di bidang ini. Seperti peraturan perpajakan terupdate serta teknis pengerjaan perpajakan bulanan. Dengan begini semua kegiatan perusahaan akan bisa di pastikan yang memenuhi objek pajak dan yang tidak memenuhi objek pajak. Posisi ini juga biasanya memberikan saran kepada pihak perusahaan tentang bagaimana cara menekan angka pajak seminimal mungkin.

Budgeting

Pada posisi ini biasanya orang mengelola budget perusahaan. Tugas utamanya selain menyusun budget juga memonitor apakah budget sudah ter-realisasi atau belum. Apakah budget itu over budget atau tidak. Setelah itu menyajikan informasi tersebut kepada manajemen.

Akuntan Publik / Public Accountant

Sebagai seseorang yang berprofesi sebagai akuntan independen. Tugas utamanya adalah menilai atau menyatakan pendapat pada laporan keuangan yang telah dibuat oleh klien nya. Pada umumnya ada 2 jenis jasa yang bisa dia berikan yaitu jasa atestasi dan jasa assurance.

Government Accountant

Sebagai seorang akuntan yang bekerja untuk pemerintah. Tugas utamanya adalah menyusun laporan keuangan untuk tujuan pemerintahan. Terkadang profesi ini juga memiliki fungsi untuk memeriksa informasi keuangan yang tersaji di pemerintahan.

Akuntan Pendidik

Orang yang berada di profesi ini biasanya berada di instusi pendidikan, misalnya universitas. Tugas utamanya adalah mentransfer pengetahuan tentang akuntansi kepada para mahasiswa dan melakukan penelitian tentang suatu isu atau permasalahan yang berkembang di dunia akuntansi. 
Tag : Jurnal
1 Komentar untuk "Berbagai Profesi Dalam Bidang Akuntansi"
This comment has been removed by the author. - Hapus

Back To Top