Membahas akuntansi dan peraturan perpajakan di Indonesia

Siklus Akuntansi Biaya Dalam Perusahaan


Siklus akuntansi biaya dalam suatu perusahaan sangat dipengaruhi oleh siklus kegiatan usaha perusahaan tersebut. Siklus kegiatan perusahaan dagang dimulai dengan pembelian barang dagangan dan berakhir pada penjualan barang dagang itu sendiri. Dalam perusahaan tersebut, siklus akuntansi biaya dimulai dengan pecatatan harga pokok barang dagangan yang dibeli dan berakhir dengan penyajian harga pokok barang dagangan yang di jual. Tujuan akuntansi biaya pada perusahaan dagang ini adalah untuk menyajikan informasi harga pokok barang dagang yang terjual.

Siklus kegiatan perusahaan jasa dimulai dengan persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan penyerahan jasa kepada pemakainya. Dalam perusahaan tersebut siklus akuntansi biaya dimulai dari pencatatan biaya persiapan penyerahan jasa dan berakhir dengan disajikannya harga pokok jasa yang diserahkan. Tujuan akuntansi biaya pada perusahaan jasa ini adalah untuk menyajikan informasi harga pokok per satuan jasa yang di berikan kepada pelanggan.

Siklus kegiatan perusahaan manufaktur dimulai dengan pengolahan bahan baku di bagian produksi dan berakhir dengan penyerahan produk jadi ke bagian gudang. Dalam perusahaan tersebut, siklus akuntansi biaya dimulai dengan pencatatan harga pokok bahan baku yang dimasukkan dalam proses produksi, dilanjutkan dengan pencatatan biaya tenaga kerja langsung dan biaya overhead pabrik yang dikonsumsi untuk produksi, serta berakhir dengan disajikan harga pokok produk jadi yang diserahkan oleh bagian produksi dan bagian gudang. Akuntansi dalam perusahaan manufaktur ini bertujuan menyajikan informasi harga pokok produksi per satuan produk jadi yang diserahkan bagian gudang.

0 Komentar untuk "Siklus Akuntansi Biaya Dalam Perusahaan"

Back To Top